Laman

3/04/2009

Menjaga Janin Kala Bepergian

Masa kehamilan seharusnya tidak menghalangi keinginan untuk tetap menjalankan rencana liburan yang sebelumnya sudah direncanakan. Tetapi, kapan sebaiknya melakukan aktifitas seperti bepergian?
Paling baik adalah pada masa trimester kedua, selain sudah mulai menyesuaikan diri dengan situasi baru, kandungan pun lebih kuat dan tubuh belum berat buat diajak bersenang-senang.
Sedangan pada trimester pertama, sebagian dari kita mungkin masih mengalami masa penyesuaian, dengan rasa mual yang berlebihan, mulai tak tahan aroma yang tajam, jadi lebih moody. Masa-masa ini juga merupakan masa yang sensitif dan sebaiknya kita lebih berhati-hati.
Sedangkan, masa trimester ketiga, lebih beresiko, bahkan perjalanan melalui udara, pada usia kehamilan tertentu sudah tidak diperkenankan, terutama mereka yang memiliki resiko prematur.
Sebgaimana diungkapkan sebelumnya, yang utama adalah menjaga agar kandungan aman dan nyaman, untuk itulah anda perlu sedikit usaha.
Sebaiknya bertanya pada dokter, terutama untuk mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan selama kehamilan, misalnya darah tinggi, diabetes atau masalah kandungan yang lain. Jangan lupa membawa catatan medis yang kita miliki.
Persiapkan juga segala sesuatu yang biasa kita gunakan selama kehamilan, misalnya vitamin, susu atau obat-obatan ringan, misalnya obat flu atau obat diare. Namun, pastikan konsultasi sebelumnya dengan dokter kandungan anda.
Cek jadwal anda jika anda bepergian dengan kendaraan umum, siapkan kondisi anda jika perjalanan anda mungkin mengalami keterlambatan. Persiapkan barang-barang yang mungkin sering anda gunakan selama perjalanan misalnya tisu basah atau biskuit ditempat kecil yang terpisah dengan barang bawaan utama anda dan letakkan ditempat yang mudah dijangkau.
Jika anda harus bermalam dikendaraan, mungkin anda ingin membawa baju hangat atau bantal penyangga leher.Jika anda melakukan perjalanan dengan pesawat udara, sebaiknya pesan tempat duduk di dekat lorong (aisle) agar memudahkan anda jika harus sering menggunakan kamar mandi, dan pastikan pramugari mengetahui kondisi anda.
Banyak minum air putih atau jus buah agar tidak dehidrasi, serta jangan lupa menggerakkan tubuh anda untuk perjalanan jauh, lepas sepatu anda jika perlu. Jika anda pergi dengan mobil sendiri, ada baiknya untuk berhenti dan relaks setelah dua sampai tiga jam.
Selain itu, pilih tempat liburan yang aman dan relaks untuk anda, jangan lupa teliti tempat tujuan anda, mungkin anda perlu vaksinasi tertentu dan apakah hal tersebut dapat dilakukan selama kehamilan.
Untuk kemudahan, pastikan bahwa tempat anda menginap sudah siap misalnya hotel sudah dipesan atau jika tinggal dirumah keluarga, mereka sudah dikabari tentang kedatangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar