Laman

3/06/2009

Kiat biar tangguh hadapi pancaroba

pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan atau yang sering kita sebut sebagai
musim pancaroba identik dengan musim para penyakit bercokol. mulai dari demam berdarah, tipus, demam, batuk dan pilek cepat sekali dalam penyebarannya. hal ini sudah saya alami sendiri. karena sibuknya saya beraktifitas, saya beberapa hari terakhir ini dilanda terkena gejala tipus. huh! sedihnya! saya jadi kehilangan banyak moment berharga. tapi sekarang saya jadi tau bagaimana kiat agar kita tidak sakit dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:
1. rutin makan, kalo bisa tiap laper sedikit lahap apa saja makanan yang sehat.
2. istirahat yang cukup. umur-umur seperti saya setidaknya beristirahat kurang lebih 8 jam
3. kurangi intensitas kontak langsung dengan hujan
4. minum suplemen atau vitamin c tiap hari bila dirasa makanan saja tidak cukup.

mudah-mudahan temen-temen atau rekan sekalian bisa menjaga kesehatannya di musim seperti ini. sehat itu mahal kawan!


TETAP FIT DI MUSIM PANCAROBA

Musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke musim penghujan berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, dan demam. Penyakit-penyakit tersebut sangat mudah menyerang bila daya tahan tubuh menurun. Cuaca dan suhu udara yang cepat berubah di musim pancaroba, ditambah meningkatnya debu, kuman, dan radikal bebas membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit di atas.
Bagi yang berbakat alergi, kondisi ini makin tidak menguntungkan, sehingga sudah selayaknya mereka lebih peduli akan hidup sehat di musim pancaroba seperti sekarang ini. Berikut ini adalah solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat :
1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.
2. Cukup Istirahat. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur 6-8 jam sehari, memberikan tubuh kita istirahat yang cukup.
3. Teratur Berolahraga. Idealnya olahraga dilakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit. Olah raga yang teratur selain membuat tubuh bugar, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
4. Kelola Stress dengan baik. Dewasa ini sangat sulit untuk menghindari stress. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.
5. Konsumsi Suplemen yang Tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen tambahan diperlukan terutama di musim pancaroba. Vitamin C, Zinc, dan Echinachea adalah sebagian dari suplemen yang telah dibuktikan mampu mendongkrak daya tahan tubuh kita. Pilih suplemen yang tepat dan minumlah sesuai kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar