Laman

5/19/2009

Rasul memberikan barang pada sahabat

Mutiara Hadits hari ini...
Abu Sa'id, Sa'ad bin Sinan Al-Khudri radhiyallahu 'anhuma berkata beberapa orang Anshor meminta sesuatu kepada Rasulullah sholallahu 'alaihi wa sallam. Rasulullah memberinya, hingga apa yang ada padanya habis. Lalu beliau bersabda kepada mereka ketika beliau menginfakan semua yang ada di tangannya. "Aku tidak akan menyimpan harta yang ada padaku. Barangsiapa yang menjaga dirinya dengan tidak meminta-meminta, maka Allah akan menjaganya. Siapapun dari kalian yang merasa cukup, maka Allah akan mencukupinya. Barangsiapa yang berlatih untuk bersabar, niscaya Allah memberikan kesabaran kepadanya. Dan tidak ada nikmat yang lebih baik dan lebih luas, yang diberikan kepada seseorang, selain kesabaran." (Muttafaq 'alaihi)

Pelajaran-Pelajaran Hadits
1. Hadits ini menjadi satu bukti bagi setiap muslim bahwa mereka harus memiliki sifat-sifat terpuji, seperti mudah memaafkan dan suka berinfak.
2. Adapun yang dimaksud dengan kaya bukan kaya harta, melainkan kaya hati.
3. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menerima nikmat yang telah Allah berikan kepadanya dan bersikap qana'ah, serta menjauhi sikap meminta-minta.
4. Sifat dan akhlak terpuji dapat diperoleh dengan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar