Laman

5/19/2009

Mutiara Al-Quran dan Al-Hadist

Saturday, September 18, 2004
Mutiara Al-Quran dan Al-Hadist
Tentang sabar:
Allah Ta’ala berfirman: “Dan sungguh Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’un. (Q.S Al-Baqarah 2:155-156)

Anjuran berbuat baik:
Dari Abu Dzar bin Junadah dan Abu Abdurrahman Muadz bin Jabal ra., dari Rasulullah saw, beliau bersabda: “Bertakwalah kepada Allah dimana saja engkau berada. Sertailah (tutuplah) kejelekan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan tadi akan menghapus kejelekan, dan gaulilah manusia dengan akhlah yang baik” (HR. Tirmidzi)

Menyegerakan kebaikan:
Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “Bersegeralah kalian untuk mengerjakan amal-amal shaleh, karena akan terjadi bencana yang menyerupai malam yang gelap gulita, yaitu pada seseorang pada waktu pagi dia beriman tetapi pada waktu sore hari dia kafir, atau pada waktu sore dia beriman tetapi pada waktu paginya kafir, dia rela menukar agamanya dengan sedikit keuntungan dunia” (HR. Muslim)

Mendekatkan diri pada Allah:
Dari Anas ra, dari Nabi saw, beliau menceritakan yang difirmankan oleh Tuhan Yang Maha Mulia lagi Maha Agung: “Apabila seseorang mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat sehasta, apabila ia mendekatkan diri kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekat sedepa, dan apabila ia datang kepada-Ku dengan berjalan maka Aku datang dengan berlari” (HR. Bukhari)

Mengingat mati:
Dari Anas ra, ia berkata: “Rasulullah pernah berkhutbah, dan saya belum pernah mendengarnya. Beliau bersabda: “Andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan pasti akan banyak menangis”. Anas berkata: “Mendengar yang demikian sahabat para sahabat rasulullah saw menutupi muka mereka sambil menangis terisak-isak.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Menafkahkan harta:
Allah Ta’ala berfirman: “Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya untuk kamu sendiri. Dan jangan kamu membelanjkan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya”. (Al-Baqarah 2:272)

Berwajah ceria:
Dari Abu Dzar ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda kepada saya: “Janganlah sekali-kali meremehkan perbuaan baik, walaupun menyambut saudaramu dengan muka ceria.” (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar