Laman

9/26/2010

PANORAMA BANDUNG RAYA RADIO ANTASSALAM

Nasional Internasional

===================================================================================
Kantor berita Iran IRIB (24/9) baru-baru ini melansir sebuah berita yang menyatakan bahwa ilmuwan Albert Einstein adalah seorang penganut Syiah. Irib mengutip sebuah surat rahasia Albert Einstein, ilmuan Jerman penemu teori relatifitas itu, yang menunjukkan bahwa dirinya adalah penganut madzhab Islam tersebut.

Berdasarkan laporan situs Mouood.org, Einstein pada tahun 1954 dalam suratnya kepada Ayatollah Al-Udzma Sayid Hossein Boroujerdi, marji besar Syiah kala itu, menyatakan, "Setelah 40 kali menjalin kontak surat-menyurat dengan Anda (Ayatollah Boroujerdi), kini saya menerima agama Islam dan mazhab Syiah 12 Imam".

Einstein dalam suratnya itu menjelaskan bahwa Islam lebih utama ketimbang seluruh agama-agama lain dan menyebutnya sebagai agama yang paling sempurna dan rasional. Ditegaskannya, "Jika seluruh dunia berusaha membuat saya kecewa terhadap keyakinan suci ini, niscaya mereka tidak akan mampu melakukannya walau hanya dengan membersitkan setitik keraguan kepada saya".
===================================================================================
Al-Azhar Mesir pada hari Sabtu kemarin (25/9) mengeluarkan pernyataan kecaman terhadap seorang uskup Koptik senior atas pernyataanya yang menyatakan bahwa ada beberapa ayat dalam Al-Quran, kitab suci umat Islam, merupakan tambahan pada waktu prosesi kodifikasi di masa pemerintahan Utsman, khalifah Nabi ketiga.

Anggota Lembaga penelitian Islam al-Azhar harus mengadakan pertemuan darurat yang dipimpin oleh kepala institusi, Syaikh Ahmad al-Tayyib dan mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan bahwa pernyataan uskup Bishoy sebagai "tidak bertanggung jawab."

"Ini perilaku yang tidak bertanggung jawab dan hanya mengancam kesatuan nasional pada saat kita sangat membutuhkan persatuan untuk melestarikan dan mendukungnya," menurut salinan pernyataan yang diperoleh oleh Al Arabiya.

"Ini perilaku yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan secara universal menyatakan permusuhan terhadap Islam, Muslim, budaya dan peradabannya, yang mengharuskan mereka bertanggung jawab dibalik pelanggaran ini ," tambah pernyataan tersebut.

Pernyataan uskup Bishoy memicu kemarahan di kalangan Kristen dan pemimpin Muslim, mereka mengatakan bahwa pernyataan tersebut dapat menyebabkan ketegangan sektarian, namun Bishoy mengatakan bahwa pernyataannya hari Rabu lalu telah terjadi salah paham.
==================================================================================
SETAHUN terakhir ini, aktor Michael Douglas menjalani masa yang penuh tekanan. Bintang 'Wall Street' itu percaya, stres yang melandanya memberi kontribusi besar terhadap kanker tenggorokan yang kini dideritanya.

Bulan lalu, Douglas mengatakan kepada pemandu talkshow David Letterman tentang kebiasaannya merokok dan meminum alkohol. Dia juga mengatakan kepada Daily Mirror Inggris, bahwa stres merupakan faktor utama yang menjadi penyebab penyakitnya.

''Tipe kanker seperti ini dapat disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol dan tembakau, serta alasan penularan seksual jenis tertentu. Tapi, aku melihatnya diakibatkan oleh stres. Aku mengalami salah satu tahun yang penuh tekanan dalam beberapa bidang. beberapa di antaranya merupakan hal yang umum, beberapa di antaranya tidak,'' aku Douglas seperti dikutip situs huffingtonpost.com.
===================================================================================
Metrotvnews.com, Peshawar: Dua serangan pesawat tak berawak AS menewaskan tujuh gerilyawan, Ahad (26/9), di kawasan suku Pakistan dekat perbatasan Afghanistan. Kedua serangan itu terjadi di desa Asar di daerah Datta Khel, sekitar 50 kilometer sebelah barat Miranshah, kota utama di kawasan suku Waziristan Utara yang dikenal sebagai sarang Taliban dan militan yang terkait dengan Al-Qaeda.

"Pesawat AS menembakkan tiga rudal ke kendaraan militan, yang menewaskan empat pemberontak," kata seorang pejabat keamanan senior di daerah itu, menunjuk pada serangan udara pertama. Kewarganegaraan mereka yang tewas belum diketahui, tambah pejabat itu.

Seorang pejabat keamanan lain di daerah tersebut mengkonfirmasi serangan itu dan jumlah korban. Selanjutnya serangan kedua, yang juga ditujukan pada sebuah kendaraan, menewaskan tiga gerilyawan di desa yang sama.
====================================================================================
Metrotvnews.com, Roma: Polisi Italia, Ahad (26/9), mengonfirmasi penangkapan dua tokoh penting mafia. Salah satunya terdaftar di antara 30 buronan paling berbahaya di negara tersebut.

Franco Li Bergolis, 32 tahun, seorang pemimpin mafia di daerah Puglia di Italia selatan. Dia ditangkap di rumahnya di kota Monte Sant` Angelo. "Sekarang baru ada tiga dari 30 orang paling berbahaya yang menghilang," kata Menteri dalam Negeri Roberto Maroni.

Le Bergolis telah dihukum tanpa kehadirannya pada Maret 2009 karena pembunuhan dan perdagangan obat bius. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Polisi Italia juga memastikan penangkapan Roberto Cima di Prancis, Ahad. Cima adalah tokoh penting di Ndrangheta, mafia Calabria yang berkuasa. Dia dicari sejak dihukum pengadilan karena pembunuhan 1989. Dia adalah satu di antara 100 buronan paling berbahaya di negara itu.
====================================================================================
Metrotvnews.com, Lombok Barat: Ratusan rumah di enam desa di dua kecamatan Lombok Barat, Nusatenggara Barat, hingga Ahad (26/9), masih terendam. Banjir disebabkan tingginya curah. Ketinggian air mencapai tinggi lutut orang dewasa.

Selain menggenangi di Lombok Barat, banjir juga menggenangi ratusan rumah di Kota Mataram, Ampenan, Cakranegara dan Sekarbela. Menurut warga, selain karena hujan, banjir juga disebabkan oleh buruknya saluran air. Air tidak tertampung, banjir pun terjadi.

Akibat banjir, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya yang tidak terkena bah. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki saluran air untuk menghindari banjir kembali.
====================================================================================
JAKARTA, (PRLM).- Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, meskipun negara mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan pendidikan.

"Pendidikan itu sangat kompleks, menantang, dan mulia. Pendidikan adalah faktor penentu. Maka dari itu, dibutuhkan partisipasi dari masyarakat, BUMN, ataupun swasta sehingga masyarakat pun terbantu," katanya saat menghadiri “Anugerah Peduli Pendidikan” di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Senayan Jakarta.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 29 institusi memperoleh penghargaan, terdiri dari kelompok pengusaha, perusahaan multinasional, Badan Usaha Milik Negera (BUMN), dan organisasi sosial yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan.
===================================================================================
CIREBON, (PRLM).- Sejak Minggu (26/9) pagi, ribuan warga telah memadati pinggiran jalan desa, kecamatan hingga jalan raya Pantura Cirebon-Bandung, mereka penasaran ingin menyaksikan arak-arakan Ngunjung Buyut Nyi Mas Ratu Gandasari.

Karnaval yang menampilkan replika situs Nyi Mas Ratu Gandasari di Kampung Pecung, Desa Kasugengan Kidul, Kec. Depok, Kab. Cirebon itu hingga kini masih tetap dihidupkan warga Kesugengan Kidul, Kesugengan Lor dan sekitarnya. Acara tersebut juga menampilkan berbagai replika hasil kreativitas warga setempat berupa karya imajinasi seperti berbagai kereta kencana, spongebop, naga hijau, kapal besar, aneka hewan dan tampilan atraksi kocak dan lainnya.

Untuk mengamankan rute yakni, kompleks situs Nyi Mas Ratu Gandasari di Kampung Pecung-Kasugengan Kidul-Kasugengan Lor-Pasar Jamblang dan kembali ke kompleks situs, pantitia ngunjung (khaul) memanfaatkan beberapa kelompok "pasukan hitam" yang sekujur tubuhnya dibalur arang hitam dicampur minyak goreng hingga pengunjung minggir dengan sendirinya.
===================================================================================
ISLAMABAD, (PRLM).- Badan PBB yang menangani bencana banjir di Pakistan mengatakan banjir besar masih terjadi di beberapa daerah di provinsi Sindh.

Kantor PBB untuk Masalah Koordinasi Kemanusiaan mengatakan satu juta lebih rumah diyakini rusak atau hancur. Badan PBB tersebut mengatakan survei udara di atas daerah Danau Manchar, provinsi Sindh menunjukkan banyak warga masih terdampar bersama ternak mereka di sejumlah pulau yang terbentuk akibat banjir.

Wartawan "BBC", Marianne Landzette melaporkan dari Pakistan bahwa di bagian selatan air banjir memakan waktu lebih lama untuk surut.
===================================================================================
YOGYAKARTA,(PRLM).-Angin ribut menyerang Yogyakarta dan sekitarnya Sabtu (25/9) sekitar 25 menit, dari pukul 14.25 - 14.50 WIB. Dikabarkan seorang warga Sleman meninggal.

Dari pantauan lapangan dan keterangan warga, angin ribut menumbangkan aneka pohon, menerbangkan atap-atap rumah, dan mengakibatkan listrik padam.

Arus lalin kacau, kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan akibat listrik padam serta pengalihan arus lalin di jalan-jalan yang tertimbun pohon. Kekacauan lalin ini antara lain terjadi di Jln. Magelang dan sekitarnya.

Eka, warga Klaten mengatakan angin ribut juga terjadi di daerahnya . "Kata saudara, angin puting beliung terjadi di Prambanan," ujar dia melalui pesan pendek.
====================================================================================
JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) H.R. Agung Laksono mengingatkan agar masyarakat tidak terpancing apalagi terprovokasi dengan akan dibukukannya kumpulan kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad. Rencana mengumpulkan kartun haram dan diterbitkan dalam format buku tersebut, jelas merupakan aksi propaganda yang bisa memancing kemarahan umat Islam.

Umat Islam di seluruh dunia akan melakukan protes niat jahat tersebut. Namun kepada kaum Muslimin Indonesia, hendaknya sikap yang akan diperlihatkan tetap dalam koridor yang dibenarkan undang-undang. Jangan sampai aksi-aksi yang dilakukan sampai mengarah kepada tindakan anarkis. "Kita masih mengingat kejadian empat tahun lalu saat gambar Kartun Nabi Muhammad pertama dipublikasikan sebuah media di Denmark, dan diprotes secara besar-besaran," katanya.

Seperti dilansir "CNN", salah seorang staf dari surat kabar Jyllands-Posten di Denmark mengatakan, kartun-kartun menggambarkan Nabi Muhammad yang menghebohkan tersebut akan dikumpulkan dalam format buku yang akan diedit oleh Flemming Rose dan kelak berjudul 'Tirani Kebisuan' (The Tyranny of Silence). Rose sendiri sejauh ini belum dapat dihubungi. Berdasarkan informasi yang beredar, buku tersebut akan dirilis pada 30 September mendatang.
===================================================================================
JAKARTA, (PRLM).- Pelaksana tugas (Plt) Jaksa Agung mempunyai tugas dan kewajiban yang sama dengan Jaksa Agung definitif. Jaksa Agung definitif kemungkinan akan dilantik bersamaan dengan Kapolri yang baru. Hal itu dikemukakan Staf Khusus Presiden bidang Hukum, Denny Indrayana, ketika dihubungi "Pikiran Rakyat Lintas Media" ("PRLM") di Jakarta, Minggu (26/9).

"Plt Jaksa Agung mempunyai tugas dan kewajiban yang sama dengan jaksa agung definitif. Untuk kapan pelantikan Jaksa Agung yang baru maupun Kapolri, itu adalah hak prerogatif Presiden
====================================================================================
VIVAnews - Polisi berhasil menyita dua senjata api jenis FN Baretta dari kawanan perampok Automatic Teller Machine (ATM) di kompleks Universitas Bug Hatta, Padang, Sumatera Barat. Diduga, masih ada tujuh senjata api yang dibawa kabur dua kawanan perampok.

Lantas dari manakah kawanan perampok itu memperoleh senjata-senjata? Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Kawedar mengatakan, berdasarkan pengakuan sementara dari para perampok, senjata itu diperoleh dari beberapa tempat. "Ada yang dari Lampung dan Jawa Barat," kata Kawedar saat dihubungi pewarta, Minggu, 26 September 2010.

Komplotan teroris yang melakukan perampokan di Bank CIMB Niaga di Medan pada 18 Agustus lalu juga membeli senjata dari Lampung. Jika senjata mereka sama-sama berasal dari Lampung, apakah ada keterkaitan antara jaringan teroris Medan dengan perampok Padang? "Hasil pemeriksaan sementara belum ada indikasi ke arah itu," kata dia.
===================================================================================
Jakarta - Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di Tol Cawang arah menuju ke Bekasi, Jawa Barat. Akibat kecelakaan ini, dua lajur jalan tol tidak bisa dilalui.

Informasi yang dihimpun detikcom dari TMC Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2010), kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 04.50 WIB. Posisi truk trailer yang melintanglah menyebabkan dua lajur tak bisa dilewati.

Saat ini kecelakaan tersebut masih dalam penanganan petugas. Belum ada laporan adanya korban jiwa dalam kecelakaan tersebut
====================================================================================
Jawa Barat dan Bandung Raya
====================================================================================
BOGOR, (PRLM).- Pihak kepolisian sektor (Polsek) Cibinong, Kab. Bogor tengah memeriksa dua remaja yakni RF dan FR yang tertangkap ketika hendak mencuri sepeda motor di parkir ITC Cibinong, Minggu (25/9). Sebelumnya, kedua pelaku sempat dihajar massa, kemudian diamankan aparat kepolisian.

Nyawa kedua pelaku, RF (17) dan FR (17) yang masih duduk di bangku SMA berhasil diselamatkan petugas yang tengah patroli. Sebelum tiba polisi, keduanya menjadi bulan-bulanan pukulan, tendangan dan lemparan benda keras lainnya dari massa.

Kedua remaja warga Desa Gunungsari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor ini, datang ke mall ITC layaknya pengunjung biasa. Sebelum beraksi, keduanya mengamati situasi. Setelah dirasa aman, mereka mendekati motor korban yang bernama Nurdin di pelataran parkir ITC. Namun saat beraksi, ada pengunjung lain yang masuk dan melihat aksi mereka. Teriakan maling, membuat keduanya tidak bisa berbuat banyak, selain pasrah saat massa datang dan melakukan aksi massa atas diri mereka.
===================================================================================
CIREBON, (PRLM).- Belasan miliar rupiah dana bagi hasil cukai (DBHC) yang didapat Kota Cirebon mengendap di kas daerah dan nyaris tidak terserap. Menurut informasi, mengendapnya dana bagi hasil itu, karena Pemkot Cirebon khawatir salah mengalokasikan yang bisa berakibat kepada menyalahi aturan.

Kekhawatiran pemkot disebabkan oleh minimnya program yang diajukan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memanfaatkan dana tersebut. Sebenarnya, program yang diajukan OPD banyak. Namun banyak yang tidak sesuai ketentuan peruntukan, sehingga banyak yang dicoret oleh tim pengarah DBHC.

Informasi yang diperoleh, total dana bagi hasil cukai yang didapat Pemkot Cirebon saat ini jumlahnya hampir Rp12 miliar. Dengan perincian tahun 2008 sebesar Rp 1,6 miliar, 2009 sebesar Rp 6,5 miliar dan tahun 2010 ini sebesar Rp 3,8 miliar.

Sebenarnya untuk pelaksanaan tahun 2010 ini, Pemkot Cirebon mengalokasikan Rp 5 miliar dari anggaran Rp 11,9 miliar itu. Namun hingga memasuki triwulan III, alokasi sebesar Rp 5 miliar itu hanya terserap 5 persen.
=====================================================================================
SUKABUMI, (PRLM).- Nelayan di Palabuhanratu menilai sangat terbantu dengan pembagian beras bantuan Dinas Sosial (Dinsos) yang disalurkan pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab. Sukabumi, beberapa waktu lalu. Apalagi pembagian beras gratis itu, diberikan di saat sekarang ini sedang terjadi musim paceklik ikan.

“Beras yang disalurkan oleh HNSI sudah kita terima, sebelum lebaran kemarin. Kita sangat terbantu dengan pembagian beras ini. Beban biaya untuk makan sehari-hari lebih ringan, bahkan kita pun bisa membayar zakat fitrah pada lebaran kemarin,” ucap Tandim (38), salah seorang nelayan di pemukiman nelayan Kp. Cemara, Kel/Kec. Palabuhanratu, Minggu (26/9).

Menurut dia, keluarga nelayan di Kp. Cemara RT 3/RW 32, Kel/Kec. Palabuhanratu sebanyak 87 KK (kepala keluarga), semuanya sudah kebagian beras tersebut. Satu KK masing-masing mendapatkan satu karung beras isi 15 kg. Bahkan ada beberapa nelayan Cipatuguran yang masih kerabat dengan nelayan di Kp. Cemara yang turut pula mendapatkan beras gratis tersebut.
====================================================================================
BEKASI, (PRLM).- Tercemarnya beberapa sungai di Kabupaten Bekasi seperti Sungai Cibeel dan Cikarang yang biasanya digunakan sebagai sumber irigasi petani membuat produktivitas hasil pertanian mereka menurun. Hal ini dikarenakan mereka tetap menggunakan air irigasi dari sungai yang tercemar.

Salah seorang petani di Sukatani, Abdullah (47) kepada "PRLM", Minggu (26/9) mengaku, sawah yang dulu dalam satu hektar bisa memanen 6 ton gabah setahun kini hanya bisa maksimal 4 ton saja. ”Air yang tercemar ikut mempengaruhi produktivitas pertanian dan juga tidak bisa kami gunakan untuk mandi dan air minum. Kita minta, Kali Cikarang harus bersih kembali, perusahaan yang diduga ikut mencemarkan harus bertanggungjawab," ujarnya.

Tidak hanya pertanian di Sukatani saja, namun persawahan di sejumlah kecamatan yang dilewati Kali Cikarang seperti, Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Kedungwaringin juga mengalami hal yang sama. "Sepanjang aliran di Kali Cikarang ini sudah tercemar. Sementara satu-satunya sumber irigasi kami ya dari Kali Cikarang ini. Mau tidak mau meski produktivitas gabah menurun karena pengairan dengan sumber air tercemar ya tetap kami gunakan. Mau gimana lagi,
==================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Walikota Bandung, Dada Rosada, menebar benih ikan sebanyak 22.000 ekor ke Sungai Cidurian dan secara simbolis menanam pohon damar di Lapangan RW 2, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, sebagai kegiatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) 200 Kota Bandung, Minggu (26/9). Dada pun mengatakan, Ikan merupakan agen lingkungan hidup di sungai.

"Kalau sungainya bersih pasti ikannya hidup, sebaliknya kalau sungainya tidak bagus pasti ikan mati. Jadi, dengan menebar ikan, kita bisa mengetahui apakah sungai tersebut tercemar atau tidak," katanya.

Dia menjelaskan, sungai dan ikan merupakan kebutuhan konsumsi yang sangat diperlukan masyarakat, baik untuk menggerakkan ekonomi maupun kebutuhan sehari-hari. "Dua kebutuhan itu harus kita adakan dan kita akan mengajak masyarakat secara bertahap untuk melakukan gerakan Cikapundung bersih. Dan, tentunya bukan hanya Sungai Cikapundung tapi semua sungai yang ada," ujarnya pada acara yang dihadiri Kepala Dinas terkait seperti Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH), Kepala Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta), Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), dan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung.
===================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Di hari ulang tahunnya yang ke-200, Kota Bandung mendapat "hadiah" spesial dari empat geng motor terkenal di Kota Bandung. Ratusan anggota keempat geng motor tersebut, Sabtu (25/9), melakukan pengrusakan dan tindak kriminalitas di sejumlah titik di Kota Bandung.

Polrestabes Bandung pun melakukan tindakan tegas. Sebanyak 682 anggota geng motor diamankan dari sejumlah tempat di Kota Bandung sejak Sabtu malam hingga Minggu (26/9) dini hari. "Mereka terdiri dari 661 lelaki dan 21 perempuan. Sementara motor yang diamankan ada 371 unit," kata Kasubag Humas Polrestabes Bandung Komisaris Endang Sri Wahyu Utami, Minggu (26/9) siang di Mapolrestabes Bandung.

Dari 681 orang tersebut, polisi kini masih memeriksa enam orang secara intensif. Mereka diduga terlibat dalam beberapa aksi kejahatan dan pengrusakan. "Dari para pelaku, polisi juga menemukan peralatan seperti martil, golok, cutter, keling, double stick, rantai, stik bisbol, dan ratusan sabuk dengan kepala besar yang bisa dipakai untuk menganiaya orang,"
====================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar, melalui ketuanya Oke Djundjunan, menandaskan, tidak akan menyerah untuk membina keempat geng-geng motor di Kota Bandung yang sering berbuat anar tersebut. Oke yakin, keempat geng motor tersebut bisa berubah kepada kegiatan positif jika tetap dibina.

"Kalau dengan kejadian ini kami tidak mau membina, berarti kami kalah. Artinya, kalah oleh perilaku negatif mereka. Justru, sebagai sebuah organisasi otomotif, adalah tugas dan tanggung jawab kami untuk membina mereka ke arah kegiatan positif," katanya kepada wartawan, Minggu (26/9) siang.

Dalam jambore kemarin, IMI Jabar memang mengundang khusus keempat geng motor untuk saling bersilaturahmi. Namun, di sela-sela sarasehan, terjadi bentrokan antar anggota geng motor hingga terjadi pengrusakan sepanjang perjalanan ke Kota Bandung. "Mengundang mereka dalam jambore, perlu keberanian dan dukungan semua pihak. Dan itu merupakan bentuk pembinaan juga. Kemarin, Gubernur Jabar sangat mendukung acara ini. Karena itu, kami berharap ada dukungan juga dari pihak lain jika acara semacam ini digelar kembali," katanya.
===================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Walikota Bandung, Dada Rosada menyatakan, geng motor yang meresahkan masyarakat dan merusakan fasilitas umum agar dibubarkan. Demikian yang diungkapkan seusai acara penanaman pohon di Lapangan RW 2, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, sebagai kegiatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) 200 Kota Bandung, Minggu (26/9).

"Soal geng motor saya sudah menyatakan dari dulu agar tindakan yang merusak jangan diteruskan, sebab kalau kerugian masyarakat semakin besar, masyarakat tidak akan tinggal diam. Oleh karena itu, organisasi apa saja bisa dibubarkan apalagi geng motor, kita tidak mau rakyat ini rusak," tuturnya.

Dada menekankan, siapa saja yang melakukan kesalahan dengan masyarakat patut dibubarkan. "Kita punya instansi yang mengurus itu," ungkapnya.

Menurut dia, pembinaan terus dilakukan kepada para remaja agar tidak terjerumus pada kegiatan geng motor. "Kita terus melakukan pembinaan untuk para remaja baik itu dari sekolah yang merupakan pendidikan formal dam pedidikan nonformal
=====================================================================================
SOREANG, (PRLM).- Akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (26/9) sore membuat banjir menggenangi Jln. Raya Rancaekek-Cicalengka depan pabrik PT Kahatex. Akibatnya lalu lintas lumpuh total sepanjang sekitar lima kilometer baik dari arah Rancaekek menuju Cicalengka maupun sebaliknya.

“Saya terjebak di kemacetan di Jln. Raya Rancaekek tepatnya daerah Dangdeur. Sampai 1,5 jam ini mobil belum beranjak sedikit pun,” kata warga Rancaekek, Asep Dedi Suhendri, Minggu (26/9), ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Menurut Asep, dua jalur jalan baik dari Rancaekek-Cicalengka maupun sebaliknya tidak bisa bergerak sama sekali akibat banjir dengan ketinggian sekitar 50 cm. “Mobil yang berupaya menerobos banjir mogok di tengah jalan sehingga mobil-mobil lainnya memilih untuk menunggu banjir surut,” kata Asep yang juga kepala Humas Grup Al Ma’soem.
====================================================================================
SOREANG, (PRLM).- DPRD Kab. Bandung mendesak agar Pemprov Jabar memfasilitasi pertemuan Pemkab Bandung dan Pemkab Sumedang untuk menyelesaikan banjir kiriman maupun limbah pabrik. Sudah puluhan tahun banjir kiriman dari Jatinangor yang melanda Rancaekek belum ada penyelesaian.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kab. Bandung asal Rancaekek, Afendi mengatakan, sudah puluhan tahun banjir kiriman dari Jatinangor yang melanda Rancaekek belum ada penyelesaian. “Kasusnya sama dengan kiriman limbah dari pabrik-pabrik di Jatinangor ke aliran sungai menuju ke areal persawahan di Rancaekek,” katanya, Minggu (26/9).

Banjir disebabkan makin berkurangnya daerah resapan di Kec. Jatinangor yang kini menjamur perguruan tinggi maupun perumahan. “Belum lagi dengan hutan Gunung Geulis yang sudah gundul. Kalau selama ini pusat perhatian pada Sungai Citarum seharusnya Jatinangor dan Rancaekek juga dicari solusinya
====================================================================================
SOREANG, (PRLM).- Jemaah calon haji Kab. Bandung terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) utuh dengan 424 calhaj dan lima petugas per kloter. Sementara kloter 1 Jabar pada tahun ini dipercayakan kepada calhaj dari Kab. Subang.

”Berdasarkan rapat di Kanwil Kemenag Jabar, Minggu (26/ 9), calhaj Kab. Bandung yang pertama diberangkatkan adalah kloter 10, yaitu pada Kamis (14/10) dilanjutkan dengan kloter 16, Minggu (10/10) sebanyak 85 orang yang digabung dengan kloter Kota Cimahi, Garut, dan Kota Bandung,” kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kab. Bandung, H. Dede Suherman.

Menurut Dede, untuk kloter 18, Senin (18/10), merupakan kloter utuh Kab. Bandung, sedangkan kloter 25 berangkat Rabu (20/10) sebanyak 218 jemaah digabung dengan Sumedang. ”Pada Sabtu (23/10) berangkat dua kloter, yakni kloter 33 dan kloter 34 yang keduanya bergabung dengan Kab. Bandung Barat. Untuk kloter 40 pada Senin (25/10) sebanyak 76 orang digabung dengan 14 kabupaten/kota,” ucapnya.
====================================================================================
NGAMPRAH, (PRLM).- Pembangunan rumah bambu untuk warga pengungsi korban longsor di Kampung Pasirpacet, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin akan dimulai Jumat (1/10) mendatang. Tinggal terlalu lama di dalam tenda pengungsian ditengarai akan membahayakan kesehatan pengungsi, terutama kalangan lanjut usia dan anak-anak.

”Rencananya, rumah bambu mulai dibangun minggu ini, tepatnya pada 1 Oktober 2010. Semuanya sudah dikoordinasikan dengan Palang Merah Indonesia (PMI),” kata Kepala Desa Mukapayung Apendi Supriyadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, longsor dari Bukit Pasirkolecer dan Gunung Geulis menimbun sedikitnya 21 rumah warga Desa Mukapayung pada Senin (16/8) lalu. Kejadian itu berlangsung setelah guyuran hujan deras. Tercatat enam rumah rusak berat tertimbun longsoran dan ratusan lainnya mengalami kerusakan bervariasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, 25 keluarga dengan 125 jiwa terpaksa tinggal di pengungsian sementara karena tidak memiliki rumah tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar