Laman

9/22/2010

PANORAMA BANDUNG RAYA RADIO ANTASSALAM

nasional dunia islam
===================================================================================
Seperti menangkis konferensi pers yang dilakukan Kapolri dua hari sebelumnya soal penangkapan yang dilakukan terhadap pelaku perampokan di Bank CIMB Niaga, gerombolan bersenjata laras panjang yang mirip perampok Bank CIMB Niaga, secara mengejutkan memberondong Mapolsek Hamparan Perak di Sumatera Utara, semalam.

Serangan yang dilakukan oleh belasan orang ini menewaskan tiga anggota polisi yang sedang berjaga, serta melukai dua polisi lainnya. Dua polisi tersebut dikabarkan terluka cukup parah.

Menurut warga yang menyaksikan peristiwa yang terjadi sekitar setengah satu dini hari itu, lebih dari sepuluh orang berbadan tinggi tegap tiba-tiba memberondongkan laras panjang mereka ke arah depan Mapolsek. Lebih dari sepuluh kali suara tembakan terdengar. Peristiwa itu berlangsung hanya sekitar lima belas menit. Pelaku pun meninggalkan lokasi kejadian dengan sepeda motor yang mereka tumpangi.
===================================================================================
Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas tidak keberatan akan pengakuan terhadap negara Israel, asalkan Israel mau mengakui sebuah negara Palestina yang merdeka.

Dalam pernyataannya Abbas mengatakan: "Israel dapat menyebut diri mereka dengan label apapun yang mereka inginkan, tetapi penting untuk mengakui negara Palestina yang merdeka."

Dalam sebuah wawancara dengan radio Abbas menyatakan: "Israel dapat memanggil dirinya sendiri dengan nama Zionis Israel kerajaan-Yahudi atau apapun namanya, sembari menekankan bahwa keYahudian Israel tidak menjadi urusan bagi Palestina.

Abbas juga mengatakan bahwa "Jika Israel ingin pengakuan sebagai bangsa, mereka juga harus mengakui hak bangsa Palestina, sambil menekankan bahwa perundingan damai yang sedang berlangsung dengan Israel bisa terus berlanjut hanya jika adanya perpanjangan keputusan untuk membekukan kegiatan permukiman di Tepi Barat.

===================================================================================
Israel kembali menunjukkan kelicikannya terkait upaya pengawasan program nuklir dunia. Rezim Zionis itu mengecam negara-negara Arab yang mendesak Tel Aviv agar ikut menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan menolak seruan perlucutan senjata nuklir. Padahal Israel dan sekutunya AS, selama ini berusaha mati-matian mempengaruhi opini masyarakat dunia untuk menghentikan program nuklir Iran dengan dalih Iran memanfaatkan program nuklirnya untuk membuat persenjaataan nuklir.

Kecaman dan penolakan itu dilontarkan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Israel Shaul Chorev dalam pidatonya pada Selasa (21/9). Chorev menuding negara-negara Arab terus melakukan upaya jahat untuk mengucilkan dan mengutuk Israel.
=================================================================================
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali saat memberikan penjelasan tentang SKB (Surat Keputusan Bersama) 2 menteri terkait pendirian rumah ibadah. Banyak pihak yang menuntut SKB ini dicabut, yang dikaitkan dengan insiden 12 September ndi Ciketing, Kecamatan Mustikajaya, Bekasi. Menurut beliau kasus jemaat HKBP di Ciketing dan aturan dalam SKB tersebut adalah dua hal yang berbeda.

"Kasus di Ciketing itu bukan persoalan SKB, juga bukan persoalan konflik antar-agama. Jadi tidak perlu dicabut, karena pengaturan soal rumah ibadah tetap diperlukan," ucap Suryadharma di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Lagipula, aturan tersebut bukan hanya berlaku untuk satu agama melainkan seluruh agama, karena sudah disepakati oleh semua pihak saat pembahasannya. Bukan hanya oleh menteri agama dan menteri dalam negeri saja. Jadi tidak ada alasan untuk mencabut SKB 2 Menteri tersebut. (M. Zakir Salmun)
===================================================================================
Rencana pembangunan Islamic Center - yang di dalamnya termasuk masjid - di dekat lokasi ground zero telah membangkitkan sentimen anti-Islam di Amerika Serikat.

Setelah sebelumnya marak demo pro dan kontra soal pembangunan masjid tersebut, disusul dengan adanya rencana pastor gila Terry Jones yang akan membakar Al-Quran pada peringatan 9/11 (meskipun akhirnya dibatalkan), namun sentimen atas rencana pembangunan itu telah mengarah ke ancaman fisik kepada seorang ulama yang berada di belakang pembangunan masjid tersebut.

Ulama Islam AS, Imam Feisal Abdul Rauf yang berada di belakang rencana pendirian dan pembangunan islamic Center dan Masjid di Lower Manhattan yang lokasi pembangunannya hanya beberapa blok dari Ground Zero, terpaksa harus menerima perlindungan polisi karena dirinya mendapat ancaman pembunuhan dan telah menghindari kota itu, menurut sumber-sumber aparat penegak hukum dan pemimpin agama lainnya.
================================================================================
Kekuatan politik partai 'Sayap Kanan' hampir memenangkan pemilihan di seluruh Uni Eropa. Kemenangan mereka akan mempunyai dampak, bukan hanya terhadap kaum imigran semata, tetapi ini juga lonceng bagi kaum Yahudi di kawasan itu, yang merasa sangat terancam. Seperti kemenangan kelompok Demokrat Swedia, yang memperlihatkan sikapnya yang sangat anti-Semit (Yahudi), begitu nampak.

"Ini bukan hanya kemenangan kelompok anti Islam, tetapi juga lahirnya kekuatan anti-Semit, yang secara politik terus bertambah kuat. Partai Demokrat Swedia (SD) diluar prediksi telah memenangkan sejumlah kursi di dalam pemilihan yang berlangsung Minggu lalu. Seorang pemimpin Yahudi di Swedia memperingatkan, "Ini adalah kemenangan Partai Neo-Nazi, dan akan sangat berbahaya", ucap Lena Posner, yang menjadi Presiden Dewan Masyarakat Yahudi Swedia, yang menjadi payung organisasi Yahudi di negeri itu. "Kami tahu siapa mereka itu. Mereka yang memenangkan pemilihan itu, tak lain adalah para simpatisan Neo-Nazi, dan dengan ciri-ciri jaket, dan warna pakaian mereka", tambah Lena.
================================================================================
Setelah Majelis Mujahidin yang melakukan klarifikasi terhadap stigma terorisasi yang dilakukan Mabes Polri terhadap Ormasnya, Jamaah Anshorut Tauhid atau JAT pun menyampaikan hal yang sama.

Melalui pres rilisnya, Jamaah Dakwah pimpinan Abu Bakar Ba’asyir ini menyampaikan klarifikasi atas stigma terorisasi yang dilakukan Mabes Polri terhadap JAT. Menurut rilis JAT yang ditandatangani salah seorang pimpinannya, Muhammad Achwan, JAT tidak memiliki dan tidak merencanakan program yang mengindikasikan adanya muatan atau unsur-unsur yang terkait dengan kriminalitas apalagi terorisme.
===================================================================================
JAKARTA, (PRLM).-PT Jamsostek (Persero) akan mengembalikan dana milik 4 juta peserta nonaktif yang alamatnya tidak jelas. Jumlah dana tersebut diperkirakan mencapai Rp 5 triliun.

"Dalam rangka transparasi dan fairness kami akan mengumumkan secara besar-besaran paling lambat akhir tahun ini. Sekarang kami sedang mengkaji dari aspek legal, risiko," kata Dirut PT Jamsostek (Persero) H. Hotbonar Sinaga usai halal bihalal, di Jakarta,
===================================================================================
JAKARTA, (PRLM).-Pemerintah menetapkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat di pemukiman dan kawasan transmigrasi di seluruh Indonesia. Sebagai langkah awal, penyediaan transppotasi akan dilakukan di delapan Kota Terpadu Mandiri (KTM).

"Hal ini untuk meningkatkan kelancaran transportasi darat bagi penumpang dan barang di kawasan transmigrasi dan Kota Terpadu Mandiri (KTM)," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (menakertrans) Muhaimin Iskandar di Jakartanl
===============================================================================
JAKARTA, (PRLM).– Kinerja National Traffic Management Center (NTMC) Ditlantas Polri, khususnya saat memantau dan menyebarkan informasi kondisi lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini dinilai bermanfaat tidak hanya bagi pengguna jalan, namun juga bagi aparat dalam menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Hal itu diungkapkan anggota Komisi V DPR RI, Yudi Widiana Adia di Jakarta, Selasa (22/9).

"Penggunaan fasilitas sosial media networking antara lain twitter dan facebook adalah langkah cerdas yang bisa memudahkan pengguna jalan mengakses informasi dan mencari tahu kondisi jalan yang akan mereka lalui. Selain peran media massa khususnya stasisun radio dan TV yang menyiarkan kondisi lalu lintas secara langsung dan real time, " ujar Yudi.

Menurut Yudi NTMC Ditlantas Polri mampu menyajikan informasi kondisi lalu lintas bagi publik. Bahkan, dukungan teknologi CCTV serta aplikasi-aplikasi lainnya seperti GIS, GPS, Internet, SMS, STNK, BPKB, dan SIM merupakan kunci keberhasilan sajian informasi kondisi jalan.
=============================================================================
JAKARTA, (PRLM).- Divisi Pelatihan Internasional Penjaga Pantai AS selama dua minggu pada September ini telah melatih 40 anggota Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dari berbagai daerah di Indonesia tentang pentingnya penerapan standar keamanan internasional di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Pelatihan ini mencakup analisis program keamanan dengan penilaian berbasis risiko, tanggung jawab petugas keamanan, tindak pengamanan fisik, prosedur inspeksi kontainer, dan teknik inspeksi kendaraan. Praktik lapangan juga diadakan di Jakarta International Container Terminal untuk mendukung pelatihan di kelas.
=============================================================================
BANDUNG JABAR
=============================================================================
SUMBER, (PRLM).- Tabrakan antarkapal nelayan mengejutkan para penumpang yang mengikuti ritual pesta laut (nadran) di pesisir Mundu, Kab. Cirebon, Rabu (22/9) siang. Meskipun tidak ada korban jiwa namun insiden tersebut sempat membuat panik mereka.

Insiden tersebut berawal ketika perahu mini yang berisi sesajen dilarung ke laut. Para nelayan beserta keluarganya saat itu langsung memperebutkan sesajen di antaranya berisi kepala kerbau yang mereka yakini bisa membawa keberuntungan saat mencari ikan di laut hingga kemudi kapal nelayan kurang bisa dikendalikan dan tabrakan tak bisa dielakkan.

Beruntung kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka, namun mereka sempat panik karena khawatir kapal yang ditumpanginya oleng dan tenggelam.
==================================================================================
SUMEDANG, (PRLM).- Keberadaan dan nasib Winasari Patulaela (21) mahasiswi Sekolah Kejuruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang, yang dikabarkan hilang oleh keluarganya sejak Senin (20/9), hingga Rabu (22/9) sore belum diketahui. Bahkan, nomor telepon seluler mahasiswi semester V jurusan bahasa Indonesia itu, sejak Selasa sudah tidak aktif lagi, sehingga keberadaannya semakin sulit untuk dilacak dan membuat kedua orangtuanya semakin khawatirkan akan nasib anaknya itu.

Kepolisian Resort (Polres) Sumedang yang menerima laporan hilangnya anak tersebut, sampai Rabu masih terus melakukan penyelidikan. Begitu pula orangtua dan keluarganya pun, tak kenal lelah terus berusaha keras melakukan berbagai cara untuk mengetahui keberadaan Winasari.

Sebagaimana diberitakan "PRLM", mahasiswi STKIP Unsap Sumedang anak pertama dari dua bersaudara pasangan Wahyudin (56) dan Ny. Tati Susilawati (47) warga Dusun Babakan Uwo, RT 12 RW 4, Desa Tanjungmekar, Kec. Tanjungkerta, Kab. Sumedang itu, dikabarkan orangtuanya hilang sejak Senin (20/9) siang. Orangtua dan keluarganya, menduga Winasari hilang dibawa penculik
==================================================================================
SUKABUMI, (PRLM).- Ratusan nelayan pencari udang di pemukiman nelayan Kp. Cemara, Kel/Kec. Palabuhanratu kehilangan pekerjaan, gara-gara dampak pembangunan projek PLTU Palabuhanratu. Mereka sudah kehilangan pekerjaan hampir setahun, sejak pembuatan breakwater (tanggul pemecah ombak) dan jeti di lokasi projek PLTU di Ds. Citarik, Kec. Palabuhanratu. Hal itu dikarenakan lokasi pembangunan breakwater dan jeti tersebut, berada di wilayah penangkapan udang para nelayan di Muara Cimandiri.

“Kami bukan bicara bohong. Pembangunan projek PLTU itu dampaknya telah merugikan mata pencaharian nelayan di sini. Kami harus kehilangan pekerjaan gara-gara dampak projek tersebut. Sampai sekarang kami menganggur, tidak punya usaha lain,” kata Tandim (38) salah seorang nelayan pencari udang ketika ditemui di rumahnya di pemukiman nelayan Kp. Cemara, Kel/Kec. Palabuhanratu,
====================================================================================
PURWAKARTA, (PRLM).- Seiring dengan terjadinya anomali cuaca, di sejumlah daerah pertanian di wilayah II Purwakarta terjadi penambahan areal tanam padi yang menyebabkan realisasi tanam melebihi target. Sebelumnya, saat memasuki musim kemarau, areal yang tadinya ditanami tanaman palawija beralih ke padi karena di musim kemarau yang basah ini masih terdapat hujan.

Demikian yang terungkap dalam rapat Penetapan Rencana Tanam Padi Rendeng Musim Tanam (MT) 2010/2011 dan Gadu MT 2011 serta Tanam Palawija MT 2011 di Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah II di Purwakarta,
==================================================================================
SUMEDANG, (PRLM).- Aktivitas penambangan pasir tanpa izin yang beroperasi sejak Sabtu akhir pekan kemarin di Blok Cibuntu, Desa Mandalaherang, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang hingga Rabu (22/9) masih dibiarkan berlangsung. Padahal, pihak terkait di Pemkab Sumedang sendiri menyatakan hingga kemarin belum menerima permohonan izin untuk aktivitas galian tersebut, apalagi menerbitkan surat perizinannnya.

Begitu pula masyarakat sekitar lokasi galian tersebut, menurut Wakil Ketua Forum Masyarakat Mandalaherang Peduli Lingkungan (FM2PL) Ukun, tidak memberikan izin untuk aktivitas galian tersebut. Bahkan, kata Ukun, sejak tahun 2006 warga Desa Mandalaherang telah membuat kesepakatan tidak akan mengizinkan setiap lahan di kawasan Blok Cibuntu sekitar desanya dijadikan lokasi galian.
===================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Setiap anggota geng motor yang pernah terlibat dalam tindak kriminalitas, seumur hidup akan mendapat "cap" sebagai pelaku kriminal. "Stempel" kriminil itu bakal tertera dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ketika mereka membuat surat tersebut.

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Sutarman menegaskan hal tersebut kepada wartawan, di Mapolda Jabar, Rabu siang. "Saya telah memerintahkan ke setiap Polsek dan Polres yang menangkap anggota geng motor yang terlibat kriminalitas, untuk memasukkan nama-nama pelaku ke dalam database. Jadi, ketika nanti para anggota geng motor itu membuat SKCK, akan tertulis di sana bahwa mereka adalah pelaku kriminal geng motor lengkap dengan pelanggaran yang dilakukannya seperti pengrusakan, curas, curat ataupun penganiayaan
==================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangkaian kegiatan HJKB (Hari Jadi Kota Bandung) ke 200, Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda beserta unsur Muspida dan sejumlah pejabat publik serta Yayasan Sajarah Timanganten Bandung, Rabu (22/9), melakukan ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung, di Jalan Dalem Kaum, Jalan Karanganyar Kota Bandung, Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Ziarah kubur makam para leluhur Bandung, diisi dengan tabur bunga dan pengiriman do’a bagi arwah leluhur Bandung, serta pemberian sembako kepada penjaga makam. Dimulai dari Pendopo Kota Bandung Ayi Vivanda berjalan kaki menuju belakang Masjid Raya Bandung Prov Jabar, tempat makam Bupati Bandung ke 6 (1794 – 1829), Rd Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai pendiri Kota Bandung.
==================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- acara Bandung Air Show 2010 resmi dibuka untuk umum. Acara akan dimulai pukul 9.00 WIB dan diresmikan langsung oleh Walikota Bandung Dada Rosada yang sekaligus memberi sambutan. Selain itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Panglima Komando Operasi TN AU I Marsekal Muda Eddy Suyanto juga akan memberi sambutan.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan atraksi pesawat tempur Hawk 100/200 tepat pukul 9.35 WIB. Sementara, pesawat F-16 yang rencananya bakal tampil, kemungkinan urung dihadirkan.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Kapten Sus. Asniwaty, mengatakan, pesawat Hawk 100/200 yang tampil pada Kamis (23/9), berasal dari Skuadron 1 Pontianak. "Pesawat tempur Hawk itu akan melakukan atraksi flying pass dan touchdown. Rencananya, atraksi pesawat tempur Hawk akan dilakukan pada hari pertama dan kedua pameran
=================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Pelaku pencurian kendaraan bermotor di Kota Bandung kian berani dan beringas. Mereka kini melengkapi diri memakai senjata api dalam memuluskan aksi kejahatannya. Seperti yang terjadi di depo isi ulang pulsa PT Fajar Sejahtera Mandiri, Jln. A. H. Nasution RT 4 RW 1 Kel. Pasir Endah Kec. Ujungberung, Kota Bandung, Rabu pukul 10.00 WIB.

Pagi itu, supervisor depo, Agus Riyadi (28), sedang berada di dalam kantornya. Ia curiga dengan gerak-gerik seseorang di depan kantornya. Orang tak dikenal itu memakai kaos warna gelap dan dan celana jeans. Pria itu lalu mendekati beberapa motor yang diparkir di depan depo tadi.

Tak lama, pria tadi mengeluarkan kunci astag dan mencoba membongkar kunci motor Kawasaki Ninja. "Saat itulah, saya dan beberapa teman, keluar kantor untuk menghampiri orang itu. Dia panik dan berusaa lari. Teman saya menjegal dia hingga jatuh. Malah sempat adu jotos. Karena terdesak, orang itu ngeluarin pistol dari tasnya. Pistolnya mirip yang dipakai polisi. Saya dan Indra langsung mundur karena takut tertembak," katanya kepada wartawan.

Begitu Agus dan temannya mundur, pelaku langsung lari ke arah jalan. Sejauh 10 meter dari lokasi, sudah ada rekan pelaku yang menunggu memakai motor bebek. Sembari kabur, pelaku masih sempat mengacung-acungkan pistolnya dan diarahkan ke sejumlah tukang ojeg yang sedang mangkal di lokasi.
=================================================================================
BANDUNG, (PRLM).- Gelaran BAS 2010 itu telah diatur sedetil mungkin sehingga dipastikan tidak akan mengganggu jadual penerbangan komersil di Bandara Husein Sastranegara. "Itu sudah komitmen kami. Jadi, jadual penerbangan komersil untuk kedatangan dan keberangkatan di Bandara Husein Sastranegara, tetap sesuai seperti yang berjalan sekarang. Tidak ada perubahan," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Kapten Sus. Asniwaty, Rabu

Hingga Rabu petang, hampir seluruh pesawat yang akan ditampilkan dalam static show, telah diparkir di lokasi yang disediakan. Pesawat-pesawat itu antara lain N-250 milik PT DI, helikopter SUPERPUMA, BOEING, beberapa pesawat microlight, CN 235, Cessna, dan sejumlah pesawat latih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar