Laman

11/29/2010

10 Alasan Mengapa Sinar Matahari Baik Untuk Kesehatan

Matahari membawa kehangatan di Bumi dan sangat bermanfaat bagi kita. Tetapi sinar matahari dapat menyembuhkan dan menghancurkan, Hal ini tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Berikut 10 alasan mengapa matahari baik untuk kesehatan.
1. Sinar matahari dapat membunuh mikroba. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk mejemur karpet, selimut dan perabotan-perabotan yang tidak dapat dicuci secara teratur di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari terhadap kulit membuat kulit tampak cerah, sehat dan tingkat elastisitasnya meningkat. kulit yang agak kecokelatan/gelap lebih tahan terhadap infeksi dan terbakar sinar matahari daripada kulit yang putih. Banyak penyakit kulit (dermatitis) dapat dikendalikan dan bahkan disembuhkan melalui matahari. Sinar matahari terbukti untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
2. Matahari mempengaruhi suasana hati kita. Sinar matahari membantu mengobati kasus depresi kronis/akut, dengan merangsang sintesis endorfin (hormon perasaan baik/senang). Itulah mengapa kita mengalami depresi pada hari-hari dingin dan musim dingin yang gelap.
3. Sinar matahari baik untuk penderita insomnia. Paparan sinar matahari pada siang hari dapat meningkatkan produksi melatonin di malam hari. Hormon ini membantu mengatur tidur.
4. Di bawah paparan sinar matahari, kulit mensintesis vitamin D, yang membuat penyerapan kalsium dalam usus semakin tinggi, membantu tulang tumbuh dengan kuat. Dengan cara ini, sinar matahari dapat mencegah rachitism di usia anak-anak dan orang dewasa serta osteoporosis di usia lanjut.
5. Vitamin D dan beberapa senyawa terkait menghambat perkembangan beberapa sel kanker, matahari dapat melawan penyakit ini. Paparan sinar matahari yang teratur dan terkontrol memiliki efek preventif terhadap kanker usus, payudara, leukemia dan limfoma.
6. Paparan sinar matahari memperkuat sistem kardiovaskular. Meningkatkan sirkulasi darah , denyut nadi, tekanan arteri, mengontrol glycemia dan tingkat kolesterol dapat dinormalisasi.
7. Sinar Matahari meningkatkan fungsi hati, yang efektif dalam mengobati penyakit kuning.
8. Sinar matahari membantu perkerjaan ginjal, saat sinar matahari menyinari kulit kita dan membuat kita berkeringat, dari keringat, ginjal membuang racun.
9. Sinar matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme melalui stimulasi tiroid. Hal ini juga memudahkan gejala sindrom pramenstruasi.
10. Sinar matahari juga memudahankan penyembuhan sendi bengkak selama puncak peradangan dalam kasus arthritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar