Laman

5/13/2011

PERMAINAN DALAM ULANG TAHUN

Meniru binatang
Kumpulkan anak-anak untuk duduk melingkar di atas tikar atau halaman rumput. Anda berdiri di tengah lingkaran dan memberi contoh gerakan ayam dan bebek. Bila Anda menyebut kata "ayam", anak-anak harus meniru gerak dan bunyi ayam jago. "Kepak- kepak kukuruyuk kukuruyuk!". Begitupun ketika Anda mengatakan bebek, anak-anak meniru gerak dan bunyi bebek.

Kumpulkan beberapa anak yang keliru meniru gerak binatang yang disebutkan. Tanpa bermaksud menghukum, mintalah mereka meniru gerak binatang yang mereka sukai. Mintalah anak-anak lain menebak binatang yang mereka peragakan.

Tiup-tiup bubble.
Bagikan balon sabun untuk ditiupi anak-anak bersama-sama. Pusat perhatian dari kegiatan ini bukan pada besarnya balon yang dapat mereka tiup, tetapi memecahkan balon besar yang mereka buat. Permainan ini mengandalkan koordinasi seluruh tubuh.




Merayakan ulang tahun si kecil ternyata harus disesuaikan dengan tahapan usia. Jika tidak, bisa-bisa malah tak bermanfaat.

Ulang tahun selalu ditunggu di kecil. Tak heran bila banyak ibu yang ingin menyiapkan pesta si kecil sebaik-baiknya. Sebenarnya tak terlalu sulit mengadakan pesta ultah anak asal Anda tahu rahasianya. Nah, bagaimana merayakan ultah anak per tahap usia?

ULANG TAHUN PERTAMA: BERSYUKUR
Ulang tahun pertama biasanya menjadi ulang tahun spesial. Selain menandakan 12 bulan kehadiran si kecil, juga menjadi perayaan genap setahun Anda menjadi orang tua. Bisa dibilang, ultah pertama lebih kepada ucapan syukur. Di usia ini, si kecil masih terlalu muda untuk menjadi pusat perhatian. Ia belum bisa menikmati makna pesta sebenarnya.
Jadi, buatlah pesta sesederhana dan sesingkat mungkin. Undang 4 atau 5 teman bayi lainnya beserta orang tuanya, atau sekadar dirayakan seluruh keluarga besar. Carilah meja dan kursi makan kecil agar tamu-tamu kecil dapat mengelilingi meja.

Di atas meja, taruhlah aneka makanan kecil kesukaan anak-anak. Tentu, hidangan untuk para orang tua pun harus disiapkan. Rancang dekorasi dengan aneka balon dan hiasan semarak. Pilih taplak meja bermotif ceria dan sekantung hadiah untuk setiap anak dibawa pulang. Jangan lupa, ingatkan orang tua untuk membawa baju ekstra atau botol susu.

Games yang bisa dilakukan:
1. Buat tema sederhana, misalnya Teddy Bear. Anda bisa minta tiap tamu membawa boneka Teddy Bearnya masing-masing.
2. Games sederhana bisa jadi pilihan, misalnya menangkap balon.

TAHUN KEDUA YANG DITUNGGU
Di usia ini, si kecil sudah cukup tahu dirinya jadi pusat perhatian. Di usia ini, anak juga sudah mulai senang bereksplorasi menikmati pesta ulang tahunnya sendiri. Yang perlu diperhatikan, anak butuh banyak tempat untuk bergerak, mereka gemar berlarian.

Jadi, yang paling baik undang cukup sedikit tamu. Anda juga bisa meminta orang tua atau pengasuh untuk tinggal di pesta, sehingga Anda punya tambahan tenaga untuk menjaga mereka. Jika pesta digelar di rumah, perhitungkan benda-benda yang kemungkinan bisa terguling atau tersenggol anak. Letakkan benda-benda membahayakan - juga berharga - jauh dari jangkauan mereka. Lama pesta sebaiknya tak lebih dari 1,5 jam. Lebih lama akan membuat Anda kelelahan, meski si kecil mungkin masih segar bugar.

Sebagian besar anak usia 2 tahun mau duduk di meja dengan tenang paling lama sekitar 15 atau 20 menit. Untuk membuatnya nyaman dan aman, gunakan meja dan kursi kecil.

Games yang bisa dilakukan:
1.l Pilih games yang banyak menggunakan musik, nyanyian, serta menari.
2. Jika ruangan cukup lebar, bisa memilih permainan dengan mainan anak, entah mobil-mobilan, kereta, ayunan, kolam renang buatan, dan sebagainya. Anda juga bisa meminjam mainan serupa dari teman-teman si kecil untuk menghindari anak berebut mainan.
3. Segera simpan hadiah ulang tahun atau mainan si kecil dari mata para tamu jika memang si kecil tak mau berbagi dengan orang lain.
4. Boks kardus besar bisa jadi tempat ideal untuk membangun rumah-rumahan atau terowongan.
5. Pilih aktivitas atau permainan yang sedikit memerlukan gerak di akhir acara, seperti menggambar atau mewarnai. Ini akan memberi kesempatan si kecil untuk menenangkan diri setelah banyak bergerak.

TAHUN KETIGA YANG CERIA
Di usia ini, anak sudah bisa mengemukakan ide tentang pesta seperti apa yang ia inginkan. Ia juga sudah bisa sedikit memahami apa manfaat perayaan istimewa itu buat dirinya. Sebagian besar anak usia ini bisa menjalani pesta hingga 2 jam. Namun, meski anak sudah bisa meladeni dirinya sendiri, pastikan Anda punya banyak tenaga bantuan untuk mengawasi mereka. Paling sedikit seorang dewasa untuk 4 anak. Mintalah orang tua masing-masing anak untuk mengawasi anak-anak mereka. Umumnya, anak 3 tahun lebih suka dibiarkan sendiri tanpa ayah-ibunya. Namun, sebaiknya tetap awasi mereka, siapa tahu ada yang malu atau merasa tak percaya diri dan butuh pertolongan.

Games yang bisa dilakukan:
1. Anak 3 tahun mulai tertarik pada pakaian, jadi kenapa tidak membuat permainan "pesta topi"? Anda bisa menyediakan topi lucu untuk para undangan atau cantumkan sebagai dress code.

2. Anak usia ini juga siap untuk permainan seperti bisikan berantai, saling memberikan parsel, ataupun tebak-tebakan.

3. Jika mereka masih punya banyak energi dan Anda punya ruangan cukup luas, ajak mereka dalam permainan memecah balon. Jangan lupa, segera singkirkan balon yang telah meledak.

EMPAT TAHUN YANG MENAKJUBKAN
Si empat tahun biasanya punya pesta yang lebih berseni. Mereka bermain dan menikmati games bersama-sama. Usia ini merupakan saat tepat memberikan pesta bertema. Misalnya pesta bajak laut, pesta peri, pesta disney, pesta binatang ataupun tema sepakbola. Untuk memberi mereka kebebasan, sediakan halaman di luar sebagai tempat pesta.

Undangan sebaiknya diset sesuai tema. Jika Anda tidak menemukan desain sesuai di toko, cobalah membuatnya sendiri (si kecil biasanya senang bila diminta membantu). Pilih taplak meja, dekorasi, dan balon-balon sesuai tema. Games sesuai tema juga dapat membuat pesta semakin semarak. Begitu juga makanan dan kue sebaiknya disesuaikan dengan tema.

Sebagian besar anak usia ini sangat menyukai memakai baju pesta meriah. Nah, melukis wajah bisa jadi alternatif mudah. Misalnya pesta bertema dongeng atau Indian. Setiap tamu dilukis wajahnya. Jangan lupa sediakan hiasan rambut berbulu khas
Indian

Games yang bisa dilakukan:
1.l Permaian tokoh kartun. Misalnya, tema Micky Mouse, dekorasi dibuat seperti rimba. Minta salah seorang anak berperan dan berkostum sebagai Micky Mouse.
2. Anda bisa mengadakan fashion show dan memilih kostum terbaik yang dipakai anak.

SI LIMA TAHUN YANG BERSEMANGAT
Di usia 5 tahun, anak biasanya punya ide nyata tipe pesta yang ia sukai. Bicarakan langsung dengannya rencana pesta Anda. Ini akan membuat anak merasa istimewa, karena menyadari pesta itu buah pendapatnya.

Di usia ini, Anda bisa mengundang teman-teman sekolahnya. Namun, jika bujet tidak memungkinkan dan ruangan tidak menunjang, tak harus mengundang semuanya. Jangan merasa terganggu hanya karena Anda tak mengundang semua teman anak. Anda bisa mengirim undangan lewat pos, sebaiknya jangan undang mereka person to person.

Jika Anda tak yakin mampu mengorganisir anak-anak usia 5 tahun, ada baiknya meminta bantuan organizer. Pastikan memilih organizer yang sesuai usia anak (dan rata-rata tamu yang datang). Yang terbaik adalah melalui rekomendasi. Pastikan mereka dipesan sebulan di muka untuk menghindari kekacauan.

Cek biaya, apa saja yang akan ter libat, berapa lama pesta dan berapa banyak ruangan dibutuhkan. Pastikan Anda mendapat gambaran jelas, bagaimana mereka akan menyelenggarakan pesta yang berkesan. Dan ingatlah untuk mengonfirmasi ulang beberapa hari sebelum pesta berlangsung.

Games yang bisa dilakukan:
1. Permainan di kolam renang bisa menjadi pilihan. Jika Anda tak punya kolam renang, Anda bisa menyewa. Pengelola kolam renang biasanya menawarkan ruang untuk makan-minum serta melakukan games. Anda bisa melakukan pesta putri duyung, misalnya. Jangan lupa, di kartu undangan, cantumkan agar para tamu membawa baju renang dan baju ganti. Yang harus diperhatikan, Anda butuh kehadiran banyak orang dewasa untuk mengawasi anak bermain di kolam renang. Jangan lupa, lakukan pengecekan bersama penjaga kolam renang untuk memastikan keamanan. Anda juga butuh tenaga tambahan untuk menolong para tamu kecil dalam ruang ganti.

2. Pesta camping di kebun belakang bisa jadi alternatif. Buat tenda-tenda dan atribut camping lainnya. Bisa pula dilakukan di dalam rumah. Set rumah bersuasana hutan dengan banyak tumbuhan. Permainan bisa disesuaikan dengan saat seperti berkemah.

3. Pilihan lainnya melakukan pesta jauh dari rumah. Di restoran, jalan-jalan ke museum, ke bioskop, gelanggang olahraga, atau kebun binatang. Usai melihat-lihat binatang, istirahat di bawah pohon sambil mendongeng tentang asal muasal binatang, tebak-tebakan tentang binatang sambil menikmati hidangan yang dibawa.

1 komentar: