Laman

1/03/2010

Script Siaran Radio

Opening
Scne I
Durasi 3 menit
- Bismilah…..
- Salam
- Sapa prekuensi
- Sapa pendengar (Kabar)
- Tanggal siaran
- Durasi siaran
- Nama Penyiar dan Opp
- Ajak Request (No Tlp & Sms)
- Lagu pembuka
Script 1.
Tips Merawat Telinga
1. Segera obati telinga anda jika anda merasa bahwa pendengaran anda tidah jelas atau teras sakit.
2. Bila anda sedang pilek, jangan mengeluarkan ingus atau menyedot-nyedot ingus dari hidung terlalu keras, karena bisa menyebabkan infeksi dari hidung meyebar ke telinga.
3. Jika lubang telinga tersumbat, segera keluarkan kotorannya atau jika anda merasa kesulitan, segeralah pergi ke dokter.
4. Jangan mencolok-colokkan apapun ke dalam telinga, karena bisa merusak gendang telinga.
5. Tutuplah telinga anda jika mendengar suara yang terlalu keras.
Script 2
Tips Mengatasi Kaki Pecah-Pecah


Tumit pecah-pecah selalu menjadi masalah bagi kaum wanita. Untuk itu mulai dari sekarang lakukanlah perawatan pada kaki anda dan lakukanlah menjelang anda tidur. Dengan cara :

1. Siapkan air hangat, kemudian tambahkan garam ke dalam air hangat. Setelah itu rendam kaki anda ke dalam air hangat tersebut. Sebelum kaki anda direndam bersihkan dahulu.
Kemudian redamlah kaki anda 10 hingga 15 menit. Fungsinya akan mengagkat kulit-kulit kering, selain itu juga garam dapat menghilangkan rasa lelah pada kaki.

2. Gosoklah tumit anda yang pecah-pecah dengan batu apung atau penghalus kaki khusus. Alat ini dapat mengupas kulit kering pada tumit anda.

3. Setelah itu balurkan foot scrub gel secara merata pada tumit anda. lakukanlah dengan pijatan ringan. Kemudian bersihkan dan keringkan dengan handuk.

4. Jika kaki sudah kering, oleskan losion yang mengandung pelembab untuk menghaluskan dan melembabkan kaki. Jangan lupa di iringi dengan pemijatan ringan. Agar kaki terasa lebih segar oleskan losionyang mengandung mentol.

5. Agar kelembapan tumit tetap terjaga kenakanlah kaus kaki lembut sebelum anda tidur.

Script 3
Agar Selalu Ceria
Biapa sih yang tidak ingin bahagia? Pasti temen-temen semua ingin bahagia. Sayangnya tidak semua orang mudah merasa bahagia. Ada saja penghalangnya; ada saja yang jadi masalah atau beban pikiran.
Berikut ini saya mencoba berbagi tips agar selalu merasa bahagia.
1. Senyum
Kalo sedang atau gelisah cobalah untuk tersenyum, pasti perasaan akan jadi lebih baik. Tanpa alasan pun tersenyum bisa dilakukan kan
2. Sharing atau Curhat
sharing atau curhat ini bisa dilakukan siap sja koq. jadi tidak khusus hanya untuk kaum hawa, kaum adam juga sah-sah aja untuk melakukan ini. Selain untuk mendapatkan masukan, biasanya setelah sharing perasaan juga akan menjadi lebih baik
3. Bersyukur atas hal-hal kecil
Kadang kita lupa untuk bersyukur bahwa pagi ini kita masih bisa sarapan dengan sepiring nasi pecel dan minum segelas teh hangat. Padahal hal-hal kecil inilah salah satu sumber kebahagiaan sehari-hari.
Tiga hal itu tiga cara mudah untuk menjadi bahagia menurut saya. Semoga bermanfaat.

Script 4
Agar Tidak Cepat Marah
Siapa yang tidak pernah marah. Saya yakin semua orang pernah mengalami salah satu bentuk emosi itu. Marah yang dipendam di dalam maupun yang tampak di luar, sama-sama meninggalkan jejaknya pada tubuh kita. Disadari atau tidak, pada akhirnya akan menimbulkan suasana yang kurang menyenangkan (tidak harmonis) di sekeliling kita.
Berikut beberapa tips mengatasi marah yang saya cuplik dari buku Rahasia Cerdas Ibu Lifebuoy 2004 :
• Sebelum melampiaskan marah, cobalah menarik napas panjang dan dalam. Lakukan berulang kali hingga rasa yang memburu di dalam dada terasa menyurut.
• Jangan langsung merespons emosi itu dengan tindakan, tapi berpikirlah lebih dahulu. Karena amarah adalah salah satu bentuk emosi, dan emosi itu bersumber dari dalam diri Anda, yakinilah Anda dapat mengendalikannya.
• Sambil berpikir, dan setelah menarik napas panjang, cobalah hayati apa yang Anda rasakan itu. Anda akan menemukan penyebab marah Anda. Dengan mengenali apa yang dirasakan, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilah-milahnya dan bereaksi secara proporsional. Reaksi proporsional Anda ditandai dengan penggunaan bahasa yang lebih netral, jelas, dan tidak bersifat menyerang siapa pun.
• Cari penyaluran. Bila semuanya tidak berlangsung mulus dan marah masih belum reda, sebaiknya carilah saluran marah yang sehat. Bisa dengan menuliskan pada selembar kertas. Mencurahkan isi hati pada orang terdekat dan bisa dipercaya, atau menangislah. Tangis adalah salah satu mekanisme penyaluran emosi yang sehat.
• Mengubah cara berpikir. Bila yang membuat Anda marah itu adalah sesuatu yang tak bisa Anda ubah, akan sangat membuang energi bila marah Anda pendam. Cobalah membujuk diri sendiri untuk ’menerima; situasi yang sulit itu.
• Berdoa meminta ketenangan hati. Ini yang paling sulit dilakukan dan perlu waktu, serta tak segera kita ingat. Dengan mentransendensikan rasa marah (memulangkan persoalannya kepada Yang di Atas), kita sidah menyerahkan solusi persoalan kepadaNya.
Script 5
Manfaat Jalan Kaki
INILAH.COM, Los Angeles - Banyak orang menganggap bahwa berjalan kaki dapat membakar kalori tubuh dan bisa menurunkan berat badan. Padahal, masih banyak manfaat lain dari berjalan kaki.
"Berjalan kaki sangat baik bagi siapa saja, dan mempunyai banyak keuntungan bagi kesehatan wanita," ujar seorang konsultan kesehatan asal San Diego, Michelle Look.
Inilah delapan alasan bagi Anda untuk mulai berjalan kaki.
Baik untuk jantung
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center baru-baru ini ditemukan bahwa berjalan kaki 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tingginya risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Sebanyak 24 juta perempuan di AS menderita metabolic syndrome.
Sementara itu dalam sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki selama setengah jam dalam sehari dapat mengurangi bahaya penyakit jantung sebesar 11%, terutama bagi perempuan.
Mengurangi risiko kanker payudara
Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa berjalan kaki beberapa jam saja dalam sepekan bisa mengurangi bahaya risiko terkena kanker payudara. Ketika berjalan kaki, lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.
Dalam studi ini disimpulkan 74 ribu perempuan mengalami post-menopause yang berumur antara 50-79 tahun dengan berat badan normal, ternyata mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 30%, dan sekitar 10-20% bagi perempuan yang kelebihan berat badan.
Membuat tidur lebih nyenyak
National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotonin yang memebuat anda akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi hindari berjalan kaki dua jam sebelum tidur.
Mengurangi rasa sakit atau nyeri
Dengan berjalan kaki secara reguler akan membuat tubuh anda merasa nyaman karena adanya gerakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pergerakan tangan dan yang paling utama adalah kaki.
"Berjalan kaki akan mengurangi risiko cedera atau kram dan membuat tubuh Anda terasa labih baik," ujar instruktur kesehatan Alice Peters Diffely.
Membuat bahagia
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres.
Bahkan studi Universitas Temple menyebutkan berjalan kaki 90 menit selama lima kali dalam seminggu bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia.
Membuat langsing
Berjalan kaki selama 30 menit/hari dapat mengurangi berat badan. Bahakan dalan sebuah penelitian Brown University dan University of Pittsburgh menyebutkan bahwa perempuan yang berjalan kaki satu jam selama lima hari dalam satu mingu dan mengkonsumsi 1.500 kalori tiap hari, dapat mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kilogram dalam setahun.
Awet muda
Beberapa studi yang telah dilakukan menyarankan pada manula untuk lebih sering berjalan kaki karena dapat mengurangi terkena risiko penyakit alzheimer. Berjalan kaki juga membuat otak menjadi aktif.
Mengurangi keropos tulang
Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi keropos tulang. Berjalan kaki yang menggunakan 95% otot tubuh akan membuat tulang lebih kuat untuk menahan beban tubuh.

1 komentar: